Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector


Kerusakan yang sering dialami oleh hardisk adalah hardisk bad sector. Kerusakan ini ditandai dengan lambatnya komputer saat mulai dihidupkan atau booting komputer yang terlalu lama. Komputer juga menjadi lambat jika menjalankan suatu aplikasi. Bahkan sering terjadi hang ketika suatu aplikasi dibuka.

Bad Sector adalah cluster dari sebuah data di dalam hardisk yang tidak bisa dibaca atau diisi, dan sistem operasi tidak mampu untuk mengakses sector tersebut. Bahaya utama dari bad sector adalah memicu munculnya bad sector lain, sehingga semakin lama jumlah bad sector semakin banyak. Jika hal ini dibiarkan terus, maka bisa memicu kerusakan hardisk secara total.

Bad sector sangat umum terjadi. Karena sebagus-bagusnya merek maupun kualitas sebuah hardisk pasti terdapat human error yang menyebabkan bad sector terjadi.


Penyebab Hardisk Bad Sector
  1. Mematikan komputer dengan cara yang tidak benar (tidak menggunakan perintah shutdown) atau mati secara tiba-tiba
  2. Hardisk yang terlalu panas / overheat, hardisk sudah mulai aus, hadisk terjatuh atau tergoncang
  3. Umur hardisk yang sudah tua
  4. Listrik yang tidak stabil, Ruangan yang berdebu
  5. Komputer terjangkit virus atau malware

Macam-macam Hardisk Bad Sector

Bad sector sendiri dibagi dalam dua bagian, yaitu bad sector secara fisik (physical bad sector) dan bad sector secara software (logical bad sector). Kedua jenis bad sector ini sama-sama mempunyai gejala berupa berhentinya hardisk.

Bad sector secara fisik atau physical bad sector adalah sekelompok storage di hardisk yang rusak secara fisik. Biasanya disebabkan adanya kerusakan fisik seperti terkena debu, hardisk terjatuh, kepanasan, dan lainnya. Tipe kerusakan ini adalah tipe-tipe yang bisa dilihat mata atau kerusakan hardware. Jika sudah demikian, maka hardisk sudah tidak dapat diperbaiki. Tentunya Anda membutuhkan hardisk baru.

Bad sector secara software atau logical bad sector adalah hasil dari tidak sinkronnya info tentang data yang ada di sector dengan sector aktual tempat data tersebut disimpan. Kerusakan ini terjadi saat Error Correction Code (ECC) menemukan data yang tidak sesuai di sector tersebut. Sehingga sistem operasi membaca ini sebagai bad sector, tetapi dapat diperbaiki dengan format secara low level atau melakukan overwrite bilangan biner pada angkan nol. Berita baiknya, bad sector tipe ini mudah untuk diperbaiki.


Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Windows memiliki fitur tools Disk Check yang juga disebut sebagai chkdsk yang dapat melakukan pemeriksaan pada hardisk Anda apakah bad sector atau tidak. Menjalankan tools ini secara berkala bisa membuat sistem Anda terhindar dari kerusakan akibat bad sector.

Sebenarnya Windows akan menjalankan secara otomatis tools ini ketika hardisk bermasalah, tetapi Anda dapat menjalankannya secara manual. Berikut cara memperbaiki harddisk bad sector.

1. Pertama, buka Windows Explorer, klik kanan pada drive yang ingin kamu periksa dan pilih Properties.
Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Klik Kanan Lalu Pilih Properties

2. Setelah itu, pindah ke tab Tools, lalu pilih Check now
Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Pada Tab Tools, Pilih Check Now

3. Jika ada opsi check disk, centang semuanya lalu klik Start untuk memulai prosesnya.
Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Centang Semua, Lalu Klik Start

Proses tersebut akan melakukan error checking dan surface scan, lalu memperbaiki soft bad sector dan menandai hard bad sector. Dengan melakukan ini, masalah bad sector di hardisk Anda akan terselesaikan.


Cara Mencegah Terjadinya Bad Sector

Mencegah physical bad sector
  • Pastikan ruangan tempat komputer Anda selalu bersih dan tidak berdebu
  • Pastikan komputer memiliki sistem pendingin yang baik, fan bekerja dengan baik, dan ruangan tidak terlalu panas
  • Jangan pernah memindahkan komputer ketika sedang menyala
  • Pastikan semua kabel hardware tertata dengan rapi
  • Gunakan UPS agar komputer tidak mati secara mendadak ketika lampu mati

Mencegah logical bad sector




Demikian artikel Cara Ampuh Memperbaiki Hardisk Bad Sector. Semoga permasalahan tentang hardisk Anda segera teratasi. Terima kasih sudah membaca artikel ini :) 

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)