Hal Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman

Kalau anda ingin belajar bahasa pemrogaman, Anda harus tahu hal hal yang harus dipahami sebelum belajar bahasa pemrograman. Apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin belajar programming?

Hal Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman


Apa itu "programming"?

Sebelum menjawab pertanyaan "Apa saja hal hal yang harus dipahami sebelum belajar bahasa pemrograman?", Anda harus tahu apa makna dari kata programming. Ngoding atau bahasa kerennya Programming merupakan sebuah kegiatan menulis kode untuk membentuk suatu program. Orang yang menulis kode itu disebut programmer.

Di era digital ini, sebuah skill ngoding sangat diperlukan. Kenapa? Karena di era digital sekarang ini semua proses bergantung pada komputer dan pastinya, dibutuhkan orang yang mampu merancang dan membangun sistem tersebut.

Selain itu, pendapatan dari ngoding juga bisa dibilang lumayan. Tapi karena tingginya minat dibidang ini, banyak juga pesaing-pesaing yang lain. Untuk itulah para programmer dituntut untuk menjadi kompetitif dan kreatif agar dapat bertahan ditengah arus persaingan yang ketat.


Apakah Seorang Programmer Harus Lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika?

Untuk menjadi programmer, tidak harus melalui jalur pendidikan formal, seperti perkuliahan. Menurut saya tidak banyak, mata kuliah yang membahas programming kebanyakan adalah teori tentang ‘sains’-nya komputer, seperti matematika, sistem operasi, logika dan algoritma, jaringan, dll.

Lulusan sarjana Ilmu Komputer/Teknik Informatika tidak semuanya akan menjadi programmer. Begitu juga sebaliknya, semua orang bisa mempelajari programming selama ada niat dan keyakinan.

Ketika saya kuliah (di jurusan Teknik Informatika), ada teman saya yang dulunya lulusan SMA, lebih jago dari saya yang dulunya lulusan SMK jurusan yang mirip teknik informatika. Karena kebanyakan programmer belajar secara otodidak, sehingga Anda pun bisa jadi programmer.


Apakah Seorang Programmer Harus Jago Matematika?

Sejak kita pertama menempuh pendidikan, kita mempelajari matematika. Untuk menjadi programmer, tidak harus jago matematika, cukup dasarnya saja. Karena pada dasarnya,  jarang saya butuh matematika rumit seperti kalkulus, aljabar, turunan, limit, dan teman2nya.

Faktanya, banyak orang yang tidak menyukai mata pelajaran ini karena mayoritas orang tidak suka melakukan hitung-hitungan (aritmatika). Hal ini termasuk menjadi kelemahan jika Anda tidak terlalu suka dengan yang namanya matematika. Padahal matematika itu sangat dibutuhkan oleh programmer. Di jurusan teknik informatika saja ada mata kuliah yang berbau matematika.

Yang sering muncul saat Anda belajar untuk pertama kali biasanya adalah operasi dasar, seperti tambah, kurang, kali dan bagi yang saya yakin Anda pasti bisa :P



Jadi, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Belajar Programming?

1. Pelajari dasar-dasar algoritma

Hal Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman

Algoritma adalah inti dari seluruh programming. Walaupun terdengar rumit, algoritma sebenarnya cukup mudah dipelajari, yang diperlukan hanya konsep logika dasar saja.

Saya kutip dari wikipediaalgoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Contoh yang sering digunakan untuk memahami algoritma adalah instruksi memasak telur dadar. Algoritmanya dimulai dari menyiapkan bahan, potong bawang, pecahkan telur, dst hingga telur dadar selesai.

Dalam implementasinya di programming, algoritma dimulai dari memikirkan apa saja input dari program, kemudian bagaimana pemrosesannya, mulai dari awal secara berurutan hingga selesai, lalu bagaimana nanti outputnya.
Konsep-konsep algoritma dan pemrograman seperti variabel, konstanta, tipe data, logika, Percabangan, perulangan, dan function, hampir selalu ada di dalam setiap bahasa pemrograman.

Jika Anda serius ingin belajar programming, luangkan waktu untuk mempelajari konsep algoritma ini.


2. Kuasai pemrogaman dasar

Sebenarnya tidak salah jika Anda mulai belajar programming langsung ke JAVA atau PHP, karena kedua bahasa pemrograman ini memang sangat populer.

Namun jika Anda memiliki waktu yang cukup, pertimbangkan untuk mulai dari dasar. Ini untuk memperdalam konsep algoritma. Di kampus/jurusan komputer, biasanya dimulai dari bahasa pemrograman bahasa C.

Menurut saya bahasa ini memiliki alur kode program yang mudah dipahami sangat terstruktur sehingga cocok untuk belajar algoritma dan pemrograman. Untuk lebih jelasnya, bisa anda baca artikel ini Pengenalan Pemrogaman Bahasa C.

Jika sudah paham tentang dasar-dasarnya, baru masuk ke aplikasi programming lainnya seperti  JAVA, PASCAL atau PHP.


3. Belajarlah bahasa inggris

Untuk bisa berhasil menjadi programmer professional, anda wajib bisa bahasa inggris, minimal bahasa inggris pasif (untuk baca saja). Kenapa? Karena saat ini seluruh ilmu programming orang yang membuatnya berasal dari eropa atau amerika.

Banyak sintaks (kode program) ataupun nama fungsi yang menggunakan bahasa inggris seperti if, include,  while, dll. Agar lebih mudah memahami bahasa program, alangkah baiknya Anda belajar bahasa inggris.


4. Pahami operator pemrogaman, variabel dan tipe data

Operator pemrograman merupakan sebuah simbol untuk melakukan sebuah perintah matematika khusus, perbandingan ataupun logika. Ada tiga jenis operator pemrograman, yaitu Operator Aritmatik, Operator Perbandingan, dan Operator Logika. Ketiga jenis ini beda bahasa pemrogaman beda penulisan codingnya.

Semua bahasa pemrograman memiliki variable dan tipe data. Variabel dan tipe data merupakan basic programming yang harus dipahami oleh semua programmer. Sebelum masuk ke bahasa pemrograman, lebih baik mencari tahu dulu apa itu variabel dan tipe data. Variabel merupakan tempat menampung suatu nilai, sedangkan tipe data merupakan tipe dari nilai tersebut.

Sebenarnya tidak hanya itu saja yang harus kita pahami. Tapi sebagai dasar utama, kita harus memahami operator pemrogaman, variabel dan tipe data.


5. Coding, coding dan coding

Sering-seringlah latihan coding dan coba hal-hal baru. Learning by doing adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam pemrogamanJika menemukan masalah, jangan cepat menyerah carilah sampai dapat solusinya.

Apabila hari ini Anda bisa membuat aplikasi kalkulator sederhana, besok coba buat aplikasi untuk konversi suhu, besoknya lagi coba buat aplikasi yang lebih sulit.

Kemampuan analisis dan pemecahan masalah Anda akan meningkat seiring dengan seringnya latihan dan mencoba memecahkan masalah-masalah baru.

Pelajari salah satu bahasa pemrograman yang cocok dengan Anda sebagus apapun bahasa pemrograman jika kamu tidak mempelajarinya dengan sungguh sungguh akan percuma. Setiap pekerjaan yang masih bisa dilogika dan teratur pasti dapat dibuat aplikasinya.




Mudah-mudahan artikel tentang hal hal yang harus dipahami sebelum belajar bahasa pemrograman ini bisa menjadi gambaran apa yang mesti disiapkan untuk mulai belajar programming. Programming memang tidak mudah, tetapi juga tidak susah. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bisa membantu :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

First
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)