Fungsi dan Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7

Windows update sesuai namanya berfungsi untuk memperbaharui Windows secara up to date dan secara otomatis. Windos update akan melakukan pembaharuan keamanan maupun bug yang terdapat pada Windows Anda secara rutin mengikuti patch dan service terbaru dari Microsoft.

Banyak orang yang ingin menonaktifkan fitur ini karena Windows Update secara otomatis update dengan sendirinya ketika koneksi internet. Dampaknya, tentu pada kuota internet Anda yang cepat berkurang.

Ada juga yang memilih menonaktifkannya karena Windowsnya tidak original/bajakan. Karena kemampuan Windows update yang dapat mengecek keaslian Windows. Jadi, jika Windows yang Anda miliki adalah Windows original/asli, Saya sarankan untuk mengaktifkan Windows Update.

Selain itu, ketika windows update melakukan pembaruan pada windows Anda, maka komputerAnda akan reboot/ restart beberapa kali dimana hal tersebut biasanya memakan waktu yang cukup lama (pengalaman saya sekitar 1 jam), tergantung berapa banyak patch dan service windows yang perlu diperbarui. Berikut Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7.


Langkah-Langkah

1. Buka control panel terlebih dahulu melalui start menu - control panel atau dengan menekan tombol Win+R, lalu ketikkan control panel kemudian tekan Enter.

2. Jika halaman control panel Anda dalam mode kategori, maka akan seperti gambar dibawah ini. Pilih System and Security.
Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7
Tampilan Utama Control Panel

3. Cari Windows Update. Jika sudah ketemu pilih Turn automatic updating on or off.
Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7
Pilih Turn Automatic Updating On or Off

4. Lalu Anda akan melihat beberapa option seperti gambar dibawah ini.
Fungsi dan Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7
Pengaturan Utama Windows Update
  • Install updates automatically (recommended) : Untuk opsi ini Windows Update akan diaktifkan. Semua pengecekan dan penginstallan akan dilakukan secara otomatis.
  • Dowonload updates but let me choose whether to install them : Opsi ini Windows Update akan aktif dan download secara otomatis. Tapi untuk menginstallnya Anda yang menentukan.
  • Check for updates but let me choose whether to download and install them : Opsi ketiga Windows Update akan diaktifkan. Untuk download dan installnya, anda yang menentukan.
  • Never check for updates (not recommended) : Dan untuk opsi terakhir, akan menonaktifkan fitur Windows Update.
Untuk menonaktifkan, pilih opsi ke-4/opsi yang terakhir. Lalu pilih OK. Selesai.





Demikian artikel tentang Fungsi dan Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 7. Semoga bermanfaat :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)