Pengertian Dan Fungsi Event Viewer Beserta Penggunaannya

Tahukah Anda aplikasi Event Viewer? Event Viewer atau disebut pula event viewer log, event log, sebenarnya sudah mengenalkan dirinya dari namanya. Ya, secara bahasa cukup jelas, Event Viewer berarti “Penampil Event atau kejadian” lebih jauhnya dapat diartikan sebagai pencatat setiap kejadian/ event Windows.



Event Viewer dibuat bertujuan agar si pengguna dapat melihat aktivitas apa saja yang terjadi pada komputernya. Biasanya aktivitas yang dicatat pada Event Viewer berhubungan dengan sistem keamanan. Pencatatan pada Event Logs meliputi aktivitas Hardware, Perangkat Lunak, dan Sistem Operasi.

Event viewer sendiri adalah aplikasi yang disediakan windows untuk mencatat setiap event windows secara detail terutama yang berhubungan dengan Administrative Events atau peristiwa administratif.


Fungsi Event Viewer

Sesuai dengan pengertian Event Viewer di atas, aplikasi ini bertugas mencatat log segala kejadian windows secara lengkap. Dari mulai hardware seperti IO (Input Output) atau perubahan perangkat keras internal windows (vga card, ram dll) bahkan sampai dengan memasukan flashdisk, disk portable serta konektivitas jaringan LAN Wi-Fi dan lainnya. Demikian pula dari sisi operasi windows sendiri seperti ketika sebuah aplikasi mengalami error atau hang, aplikasi crash bahkan sampai aktivitas internet juga direkam secara detail.

Event Viewer mempunyai banyak manfaat dan kegunaan yang didapat. Dengan mengetahui semua events pada windows terutama yang berhubungan dengan kesalahan/ error atau kegagalan pada sistem, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi permasalahan tersebut sekaligus mencari solusi memperbaikinya.

Adapun untuk permasalahan umum, biasanya event viewer menampilkan error tersebut bersamaan dengan saran perbaikannya, sementara untuk permasalahan tertentu kita dapat mencari solusinya dari internet seperti dari website support https://technet.microsoft.com. Dengan begitu kita dapat menggunakan Event viewer untuk mengatasi error atau troubleshoot semua permasalahan Windows.


Cara Menggunakan Event Viewer

Event Logs memang oleh kebanyakan orang dirasa tidak begitu penting, namun adakalanya ketika kita menemukan permasalahan pada komputer dan bermaksud untuk memperbaiki error tersebut kita dituntut untuk mengetahui problem apa yang sebenarnya terjadi pada komputer kita tersebut, salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan membuka catatan laporan pada Event Viewer ini.

1. Pertama buka aplikasi Event Viewer, caranya ketikkan event viewer pada start menu. Atau juga bisa tekan kombinasi keyboard Windows+R lalu ketikkan eventvwr.msc.
Ketikkan eventvwr.msc Pada Jendela Run

2. Setiap log ditaruh di kategori masing-masing, misalkan saja log Aplikasi berisi log event aplikasi dan log System berisi log Windows system. Pada tampilan utama terdapat "Summary of Administrative Events" yang merupakan laporan ringkas tentang kesehatan windows Anda. Pilih salah satu event yang ingin diperbaiki, terutama yang berlevel error atau critical.

3. Untuk Mencari solusinya lihat pada tab general yang merupakan penjelasan error tersebut. Ada 2 kemungkinan, detail error dengan saran perbaikannya atau hanya detail error saja.
Contoh Salah Satu Error

4. Anda dapat langsung mengikuti saran yang diberikan untuk yang ada saran perbaikannya, namun jika tidak ada saran perbaikan maka cari di internet. Copy detail masalah tersebut dan paste pada kolom pencarian di browser favorit Anda. Atau Anda juga dapat mengetikkan Source atau tipe error yang ada beserta dengan Event ID-nya. Biasanya saran perbaikan sudah banyak penjelasannya di internet.






Demikian artikel mengenai Pengertian Dan Fungsi Event Viewer Beserta Penggunaannya. Semoga bermanfaat! :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)