Aplikasi Yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Sebelum Anda membaca artikel ini, alangkah baiknya anda membaca artike berikut Hal Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman.

Jika Anda telah memantapkan diri untuk menjadi seorang programmer, tentu saja Anda harus mempersiapkan itu semua. Banyak aplikasi yang penting dan berguna untuk seorang programmer. Jadi, aplikasi apa saja yang harus dimiliki seorang programmer?



1. Komputer atau laptop pribadi

Untuk bisa belajar dengan tenang dan damai, Anda wajib mempunyai komputer atau laptop pribadi. Menjadi seorang programmer butuh yang namanya ketenangan.Kalau tidak tenang, bisa kacau dah programmnya. Error disana-sini, akhirnya menyerah.

Jika Anda belum punya, Saya sarankan beli komputer atau laptop pribadi. Boleh saja sih kalau komputer atau laptopnya meminjam lain seperti teman, tetangga, saudara. Tapi, kalau sewaktu-waktu diminta bagaimana?


2. Notepad ++

Software Notepad++ ini bukan seperti software notepad biasa pada windows. Kalau notepad biasa dia hanya berfungsi sebagai tempat mencatat (note) tapi bisa juga sebenarnya untuk digunakan dalam pemrograman, hanya saja banyak kelemahan.

Notepad ++ mempunyai keunggulan dari notepad biasa. Keunggulannya yaitu dia selain bisa sebagai tempat mencatat (note), notepad ++ juga sekilas seperti wujud compiler. Sehingga lebih enak untuk melihat kode program, karena ada baris, warna, koreksi otomatis dan lain-lain.

Keunggulan lainnya Notepad++ juga support beberapa bahasa programan. Biasanya Saya kalau memprogam bahasa web (HTML, Javascript, PHP) menggunakan aplikasi ini.

Jika Anda belum punya, bisa Anda download disini.


3. IDE atau Compiler

Saya kutip dari Wikipedia, Compiler atau bahasa kerennya IDE adalah adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

Compiler digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Hasil dari terjemahan ini adalah bahasa mesin.

Setelah Anda membuat sebuah program, Anda harus mencompile program itu agar bisa dibaca oleh mesin. Berikut ini beberapa contoh compiler.
  • Visual Basic = Bahasa pemrograman Visual Basic
  • IntelliJ Idea, Netbeans dan Eclipse = Bahasa pemrograman Java
  • Dev-C++, Borland C and C++, CodeBlocks = Bahasa pemrograman C dan C++
  • Delphi, turbo Pascal = Bahasa pemrograman Pascal

4. Software Database

Saya kutip dari Wikipedia, database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Agar mudah untuk pengelolaan sebuah database maka dibutuhkan software database. Sofware ini biasanya digunakan untuk bahasa pemrogaman yang menggunakan database seperti PHP. Beberapa software yang biasa digunakan adalah MySQL, Microsoft Access, SQLLite, Apache dan lain-lain.




Mudah-mudahan artikel tentang Aplikasi Yang Harus Dimiliki Seorang Programmer bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bisa membantu :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)